Monday, April 23, 2018

Tips dan Trik Lulus Pendaftaran SBMPTN 2018 dan Pendaftaran Kampus Lainnya

https://tipssukseskehidupan.blogspot.com/2018/04/tips-dan-trik-lulus-pendaftaran-sbmptn.html
Sumber Situs Resmi SBMPTN 2018
Tips dan Trik Lulus Pendaftaran SBMPTN 2018. SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri. Nah, SBMPTN ini sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namanya juga seleksi bersama, pastinya pendaftarnya pasti banyak, alias seluruh Indonesia. Jadi, yang lulus tes masuk perguruan tinggi melewati jalur ini tentunya memiliki daya saing yang tinggi.
Pendaftaran SBMPTN 2018 ini mulai terbuka tanggal 5 April 2018 sampai pada tanggal 27 April 2018. Untuk lebih jelasnya mengenai alur pedaftaran maupun proses seleksinya, silahkan buka situs resmi SBMPTN 2018.
Nah, pada postingan kali ini, saya akan bercerita mengenai tips dan trik untuk lulus pada seleksi masuk perguruan tinggi. Memang berat sih untuk bersaing dengan teman-teman yang lainnya untuk bisa lulus masuk di perguruan tinggi. Tetapi dengan usaha yang tepat, maka saya jamin deh, teman-teman bisa lulus untuk masuk perguruan tinggi.
Buka juga Siswa Peradaban
Oke langsung saja, berikut tips dan trik untuk lulus ya.
1. Ikut Bimbingan Belajar atau Membentuk Kelompok Belajar.
Untuk tips yang pertama adalah mengikuti bimbingan belajar atau belajar intensif. Salah satu nilai lebih jika teman-teman mengikuti kelas bimbingan adalah teman-teman akan lebih sering untuk berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN 2018. Sehingga, dengan banyak berlatih tersebut akan membuat teman-teman untuk terbiasa.
Selain itu, biasanya pada bimbingan belajar tertentu akan memberikan pembekalan kepada kita untuk melewati tes-tes khusus, misalnya tes TPA atau tes potensi akademik. Nah, tes potensi akademik inilah yang kadang disepelekan oleh sebagian orang. Padahal, TPA ini tidak semudah yang kita bayangkan. Meski demikian, jika kita mengetahui tips dan trik tentang penyelesaian TPA, saya yakin, teman-teman bisa sukses pada SBMPTN 2018.
Tapi bagaimana jika kita tidak punya budget untuk ikut bimbingan atau sejenisnya. Teman-teman bisa membeli buku yang berisi soal-soal SBMPTN atau mencari di internet. Saya yakin, banyak kok yang beredar. Teman-teman juga bisa mengumpulkan beberapa soal pada SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kemudian pelajari bentuk soalnya. Biasanya banyak kok soal yang beredar. Ajak beberapa teman untuk membuat kelompok belajar bersama. Jika teman-teman aktif untuk sharing, apalagi bisa menghadirkan mahasiswa yang pernah mencoba jalur ini, saya yakin bisa kok. Kan lumayan menghemat biaya.

2. Tepat Memilih Kampus dan Jurusan
Nah, cara yang kedua adalah tepat memilih kampus. Untuk tips memilih kampus dan jurusan, teman-teman tentu harus perhatikan. Namun yang perlu diketahui bahwa dalam tes SBMPTN maupun tes lainnya, setiap PTN dan jurusan memiliki daya tampung atau kuota tersendiri. Untuk daya tampung ini teman-teman harus cek di situs kampus yang hendak teman-teman tuju. Semakin sedikit daya tampung, maka daya saingnya juga makin tinggi. Jika daya saing tinggi, peluang lulus juga semakin sedikit.
Nah untuk mengakalinya, teman-teman bisa coba tips berikut. Jika kita ingin sekali untuk kuliah di jurusan tertentu, jadikan pilihan tersebut di pilihan pertama di kampus yang persaingannya ketat. Untuk pilihan kedua, teman-teman bisa pilih jurusan yang sama di kampus lain yang persainggannya lebih terbuka. Misalnya, saya ingin sekali kuliah jurusan Fisika. Pada saat SBMPTN, saya memilih Fisika di kampus A, dan pilihan kedua Fisika di kampus B. Demikian seterusnya.
Namun, jika ternyata teman hanya memiliki keinginan untuk kuliah di kampus tertentu, teman-teman bisa memilih jurusan yag berbeda di kampus yang sama. Dengan catatan, urutan jurusannya disesuaikan dengan tingkat persaingan.
Misalnya, saya ingin sekali kuliah di kampus A. Makanya pada saat SBMPTN saya memilih kampus A dengan jurusan Fisika dan pilihan kedua tetap kampus A dengan jurusan Biologi misalnya. Kenapa saya menaruh jurusan Bioloi pada pilihan kedua, karena daya tampung Biologi lebih banyak serta masih satu rumpun IPA dengan fisika. Sehingga saya tidak terlalu kerepotan jika nanti lulus di sana.
3. Tidak Menyepelekan Hal Teknis
Hal teknis yang saya maksud ialah berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN atau tes lainnya. Misalnya, alat tulis, terlambat datang pada saat tes, atau tidak mengetahui alur pendaftaran. Terkadang ada beberapa orang yang teralalu pede dengan kemampuannya, sehingga hal dasar seperti ini disepelekan sehingga dia bisa gagal.
Demikianlah tips dan trik sukses lulus pendaftaran SBMPTN 2018 dan pendaftaran kampus yang lain, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan teman-teman sekalian. Semoga sukses dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga

Cara Menghemat Data WhatsApp

Panduan WhatsApp   Cara Menghemat Data WhatsApp . Siapa sih yang tidak tau aplikasi chatting whatsApp? Aplikasi ini sudah tembus ha...